Tirta Nirwana; Taman Wisata di Lembah Songgoriti

Taman Wisata Tirta Nirwana

Pemandian dan Taman Rekreasi Tirta Nirwana atau yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan sebutan Songgoriti, merupakan salah satu ikon wisata Kota Batu sebelum hadirnya tempat-tempat rekreasi dengan konsep-konsep yang sangat berbeda dari para pendahulunya. Dengan tiket masuk seharga Rp 9000,-  kita sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan serta dapat bersantai melepaskan penat rutinitas yang begitu melelahkan.

Seperti namanya, yaitu Tirta Nirwana, maka unggulan utama dari Songgoriti adalah kolam renang, di samping unggulan-unggulan lainnya seperti sepeda air dan taman bermain untuk anak-anak yang begitu luas. Bagi anda yang hanya sekedar ingin duduk-duduk santai dengan anggota keluarga atau kolega anda, disediakan juga sebuah tempat yang cukup luas dengan pohon-pohon yang rindang dan rerumputan hijau yang begitu menyejukkan mata. Semilir angin yang berhembus ringan dari alam sekitar membuat anda serasa tenang dan perlahan-lahan mengantuk.

Patung-patung lucu di dekat pintu masuk

Begitu anda memasuki tempat wisata, anda akan disambut dengan patung Kumbang, Pinokio, Mickey, Donal dan Kodok yang sedang memainkan alat musik dan sebuah gapura besar bertuliskan “Selamat Datang di Taman Wisata Tirta Nirwana”. Di sebelah kiri di seberang taman, ada deretan kios-kios yang berjualan souvenir, barang-barang kerajinan serta warung-warung yang menu utamanya adalah bakso dan sate kelinci.

Toko kerajinan & Restoran

Setelah melewati gapura, kita dihadapkan pada dua pilihan. Jika kita melangkah terus, maka kita akan sampai ke sebuah taman dengan rerumputan hijau dan pohon-pohon rindang yang dihiasi patung punakawan dan replika hewan-hewan prasejarah, serta replika buah-buahan yang ukurannya lumayan besar. Jika belok ke arah kanan, maka kita sampai ke area kolam renang dan sebuah restoran cukup besar yang mungkin bisa menampung sekitar seratus orang.

Kolam Renang dengan latar pegunungan

Di area kolam renang, kita bisa leluasa memandang pegunungan yang mengitari kawasan wisata ini dengan jelas. Sangat indah. Kolam renang dibagi menjadi dua, yaitu kolam renang untuk dewasa dan untuk anak-anak. Ruang ganti pakaian berada sangat dekat dengan area kolam sehingga memudahkan untuk berganti pakaian dengan cepat.

Sepeda Air

Sepeda Air

Setelah melewati kolam renang kita disuguhi oleh salah satu wahana unggulan yaitu sepeda air. Dengan membayar Rp 15.000,- kita bisa mengayuh sepeda air ini mengitari danau buatan selama kurang lebih 15 menit. Di tepi danau ada dua buah patung yang begitu mencolok, yang satu adalah sebuah patung penyu raksasa yang sedang ditunggangi oleh Kera Sakti Sun Go Kong yang sedang mengawal Pendeta Tong dalam perjalanan ke barat. Patung satunya adalah sebuah patung seorang tokoh pewayangan yang sedang menunggangi kereta yang ditarik oleh dua ekor kuda hitam dan satu kuda putih.

Taman & Area Bermain Anak-anak

Anda merasa cukup capek setelah mengayuh sepeda air? Untuk melepas lelah anda bisa langsung ke taman untuk bersantai sambil melihat anak-anak yang sibuk bermain dengan ayunan, jungkat-jungkit, patung-patung hewan yang biasanya dinaiki oleh mereka, dan replika beberapa bentuk mobil yang lucu-lucu. Di taman ini pula terdapat patung yang hanya terdapat di tempat wisata Songgoriti yaitu patung Putri Salju dan Tujuh Kurcaci. Di tempat ini pula anda bisa memesan semangkuk bakso yang siap melayani anda di manapun juga anda berada, jadi kita tidak usah mendatangi depot bakso tersebut, tetapi mereka yang akan mendatangi dan melayani anda.

Taman & Wahana Flying Fox

Tirta Nirwana bisa menjadi alternatif tempat wisata bagi anda yang kebetulan sedang singgah di Kota Wisata Batu. Hawa pegunungan yang sejuk, kolam renang dengan airnya yang dingin menyegarkan, sepeda air, bakso dan sate kelinci, taman yang rindang, dan satu lagi jangan dilewatkan, anda bisa uji nyali dengan meluncur pada seutas tali di wahana “Flying Fox” dimana anda akan terbang melintasi danau kecil tempat  sepeda-sepeda air berlayar dengan begitu gontai mengitari sudut-sudut danau.

Replika Buah-buahan

Untuk melengkapi rangkaian perjalanan sebelum beranjak pulang, singgahlah sebentar di area pasar buah, sayur dan tanaman. Aneka buah-buahan seperti apel, apokat, mangga dan berbagai jenis bunga serta tanaman tersedia. di sini. Bagi anda yang gemar memelihara hewan, kunjungi kios penjual hamster yang lucu-lucu lengkap dengan rumah dan makanannya.

Dan untuk oleh-oleh, singgahlah ke toko-toko kerajinan yang berderet-deret di sekitar area pasar. Mulai dari patung kayu, tas-tas batik, tas kain batik untuk tempat laptop, hiasan-hiasan kayu, yang harganya berkisar mulai dari Rp 5000,- sampai Rp 100.000,-

Menurut Bapak Agus Salim pemilik Kios “Fialen Art Shop” yang sudah berjualan di kawasan Songgoriti kurang lebih dua tahun, barang-barang souvenir dan kerajinan pada hari-hari besar dan musim liburan bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Kios Untuk Beli Oleh-oleh

Taman Wisata Tirta Nirwana buka Hari Senin, Selasa, Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu, sementara hari Kamis tutup untuk pengurasan kolam renang.

Buka Tiap Hari Kecuali Hari Kamis

Mulai Pk.07.00 – 17.00

Harga Tiket Masuk Rp 9000,-

***


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
7 Responses
  1. denmas bagong says:

    Sangat dan sangat bagus . terus dilajut dengan taman wisata yg lain kutunggu…

  2. yuli says:

    Kontak person tuk pemandian Tirta Nirwana kenapa tidak tampak ?

  3. Hai, Salam Kenal
    sekedar membagi Informasi tentang outbound Malang – Jawa Timur, airsoftgun / paintball dan rafting kasembon.
    silakan kunjungi kami di http://www.outboundindonesia.com

  4. kusnul inawati says:

    berapa harga parkirnya

  5. leny says:

    banyak sekali wisata-wisata di kota malang.semoga semakin maju dan sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing