Taman Rekreasi Sengkaling; Wisata Impian Keluarga

Taman Wisata Sengkaling

Suasana riuh begitu terasa saat kita memasuki area parkir Taman Wisata dan Pemandian Sengkaling. Mobil-mobil dari luar kota dan juga bus-bus yang mengangkut rombongan wisatawan luar kota berjajar memenuhi halaman parkir yang cukup luas. Setelah melewati area parkir, sampailah kita di tempat penjualan tiket masuk seharga Rp 7500,- per-orang. Jalan dari kios tiket sampai pada petugas pemeriksa dibuat berliuk-liuk dengan menggunakan pembatas dari besi putih mengkilat, mungkin dimaksudkan agar pengunjung yang jumlahnya bisa melimpah-ruah pada hari-hari besar dan hari libur tidak berjejal-jejalan.

Jika berkunjung ke tempat ini pada hari Minggu, maka begitu melewati pintu masuk akan terdengar dentum bunyi musik dan penyanyi dari arah “Food Center” yang sudah siap sedia menghibur setiap pengunjung yang datang. Jika melangkah terus menjauhi bunyi musik dari “Food Center” mulailah terdengar bunyi kecipak air dan pancuran air serta suara anak-anak yang begitu gembira berenang dan bermain-main dengan air, itulah salah satu wahana yang disebut dengan “Pesona Primitif.” Untuk masuk ke wahana ini pengunjung harus membayar lagi seharga Rp 7500,- per-orang. Di wahana ini sebenarnya yang ditawarkan juga berupa kolam renang namun dengan sarana permainan yang lebih lengkap. Dirancang khusus untuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Ada papan luncur, pancuran air, yang total semuanya ada tiga kolam. Anak-anak dengan bebas bisa berpindah dari kolam yang satu ke kolam yang lain. Jumlah pengunjung di wahana ini sangat padat maka sebaiknya anak-anak anda yang ingin bermain-main di wahana ini tetap diawasi untuk menghindari kemungkinan yang tidak diharapkan.

Pesona Primitif

Wajah Pemandian Sengkaling memang banyak sekali mengalami perubahan jika dibandingkan dengan kondisinya dua puluh tahun yang lalu, serta semakin bersaing dengan pemandian-pemandian lain yang ada di wilayah Malang Raya. Kalau dulu pengunjung hanya akan melihat kolam renang, taman, dan sepeda air, maka sekarang puluhan wahana baru siap sudah tersedia,  seperti Kolam Pesona Primitif, Bahtera Sengkaling, Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari, Kolam Cumi-cumi, Wahana Bumper Boat, serta untuk adik-adik kecil juga tersedia beragam Wahana Permainan seperti Boom-boom Car, Merry Go Round, Kiddy Train, Bumper Boat, Kiddy Ride, Luncuran dan Kincir Angin. Juga terdapat fasilitas olahraga yaitu Sengkaling Fitness Center, dan untuk hiburan disediakan Cinema 4D, serta Koleksi Satwa.

Taman Wisata <> Food-Center <> Cinema 4D

Sesuai dengan slogannya yaitu “Wisata Impian Keluarga” maka Sengkaling memang sebuah tempat yang sangat cocok untuk dijadikan salah satu alternatif untuk tempat rekreasi bersama keluarga. Taman Rekreasi Sengkaling, pertama kali didirikan oleh seorang berkewarganegaraan Belanda yaitu Mr. Coolman pada tahun 1950. Namun sejak tahun 1975 sampai sekarang, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling ini diambil alih oleh PT. Bentoel Group dengan nama PT. Taman Bentoel. Jika dahulu pada awal beroperasinya Taman Rekreasi Sengkaling ini, hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel, maka dalam perkembangannya dan atas permintaan warga masyarakat, akhirnya tempat ini dibuka untuk umum. Ini menunjukkan bahwa kehadiran Taman Rekreasi Sengkaling ini memang dikehendaki dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Wahana Sepeda Air & Taman Bermain

Taman Rekreasi Sengkaling dengan luas tanah keseluruhan 9 hektar (terbagi atas 6 hektar yang lain masih berupa taman ) ini memiliki berbagai fasilitas sehingga mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan tempat wisata yang lain. Salah satu keunggulan tersebut adalah bahwa semua wisata airnya berasal dari sumber alami. Konsep dasar Taman Rekreasi Sengkaling adalah sebagai tempat wisata keluarga yang bernuansa alam dan menonjolkan air sebagai fungsi utamanya.

Pesawat Bekas Milik TNI-AU & Suasana di dalam Cinema 4D

Secara umum Taman Rekreasi Sengkaling terdiri atas beragam fasilitas antara lain:

  • 5 unit kolam renang ( Air panas dan air dingin )
  • 2 unit gedung (Gedung Serba Guna)
  • 13 unit permainan (Boom-boom Car, Sepeda Air, Bumper Boat, Kiddy Train, dll).
  • 2 unit restoran
  • halaman parkir yang luas dan teduh
  • fitness center
  • 2 unit lapangan tennis

Selamat berlibur di Sengkaling.


Buka :

Senin – Jumat pukul 06.00 – 18.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Hari Besar pukul 06.00 – 20.00 WIB

Harga Ticket Masuk :
Rp 7500,- per-orang

FASILITAS:

Rekreasi Air
Kolam Pesona Primitif, Bahtera Sengkaling, Kolam Pesona Tirta Alam, Kolam Pesona Tirta Sari,
Kolam Cumi-cumi, Wahana Bumper Boat dan Sepeda Air.

Gedung Serbaguna & Restoran
Selain fasilitas permainan, Taman Rekreasi Sengkaling juga mempunyai
gedung serba guna untuk berbagai macam keperluan,
Bougenville Room dan Restoran Palm sebagai tempat melepas lelah.
Juga tersebar sejumlah Bale Bengong disekeliling TR Sengkaling
sebagai tempat beristirahat bersama keluarga.

Untuk adik-adik kecil, juga tersedia beragam Wahana Permainan seperti Boom-boom Car,
Merry Go Round, Kiddy Train, Bumper Boat, Kiddy Ride, Luncuran dan Kincir Angin.
Juga terdapat fasilitas olahraga Sengkaling Fitness Center serta Koleksi Satwa.

***

TAMAN REKREASI SENGKALING Jl Raya Sengkaling 188, Kecamatan Dau,
Kabupaten Malang
Telp. 0341-462260/ 468231
Fax. 0341-463309

***


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
3 Responses
  1. root says:

    Bapak/Ibu/Saudara Admin
    postingannya tak copy ya,
    Buat tugas kok, jadi makasih yang banyak y…
    Oiya tak kasih credit kok di referensi jadi gak usah khawatir
    Pokoknya makasih buanyak, membantu banget buat ane

  2. Pesonamalangraya says:

    Silahkan Mas, kami ikut senang jika artikel kami dapat membantu anda menyelesaikan tugas. Thanks untuk kunjungan dan kreditnya.

  3. Tiket masuk sekarang diharga berapa ya? apakah masih tetap di rp7.500?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing