Pemandian Selecta; Pernah Dihancurkan pada Zaman Revolusi

Selecta

Sebelum kehadiran Jawa Timur Park 1 & 2 dan juga Batu Night Spectacular (BNS),  Taman Wisata / Pemandian Selecta dan Tirta Nirwana – Songgoriti merupakan tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau para sahabat di Kota Batu. Taman Wisata yang terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur dan dikelilingi oleh panorama Gunung Arjuno, Welirang dan Anjasmoro ini menyuguhkan suasana yang menawan.

Hamparan bunga-bunga yang tertata apik seperti  taman-taman bunga di negeri kincir angin. Hawa pegunungan nan sejuk membuat siapa saja yang berkunjung enggan meninggalkan Selecta begitu cepat. Selecta dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dari Kota Malang. Tinggi dari permukaan laut 1.150 meter dengan suhu udara berkisar antara 15° C – 25° C dan kedinginan air berkisar 18° C. Taman Wisata Selecta pada awalnya dibangun oleh seorang warga negara Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1930 sebagai tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi warga negara Belanda saat berada di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Selecta, yang berasal dari kata selectie yang berarti ”pilihan”, pada akhirnya Selecta menjadi sebuah karya monumental bagi sebuah konsep tatanan wisata yang menggabungkan unsur keindahan dan kesejukan alam pegunungan yang menjadi cikal bakal pariwisata Jawa Timur.

Kolam Renang untuk Anak-anak

Area wisata ini sempat mengalami pembumihangusan dan mengalami kerusakan pada zaman revolusi. Selanjutnya, pada tahun 1950 Selecta dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang dikenal sebagai pendiri Selecta. Mereka adalah warga pribumi yang bergotong royong untuk membangun Selecta.

Pada awal masa kemerdekaan, Selecta merupakan tempat wisata dan peristirahatan yang paling populer bagi semua lapisan masyarakat. Mulai dari rakyat biasa hingga elit politik termasuk Bung Karno dan Bung Hatta yang pada masa itu menjabat Presiden dan Wakil Presiden. Dari masa kemerdekaan tersebut hingga masa sekarang, Selecta tetap mempertahankan tatanan sebagai tempat wisata eksotis yang indah dan sejuk, sehingga tetap menjadi tujuan wisata pilihan bagi semua lapisan masyarakat dan wisatawan manca negara. Bahkan Selecta telah mengembangkan diri menjadi taman rekreasi dengan fasilitas yang lengkap tanpa mengurangi nilai sejarah dan keasriannya.

Sepeda Air dan Kolam Renang Anak

Sekarang, Selecta tidak hanya mempunyai kolam renang dengan air pegunungan yang segar dan jernih, tetapi juga dilengkapi taman bunga yang luas dan indah serta taman bermain anak dengan segala fasilitas bermain untuk anak, termasuk becak mini dan mobil mini. Kolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat outbond yang ideal. Ketika memasuki areal taman rekreasi Selecta, pengunjung dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir, karena luas tempat parkir mencapai 3 hektar. Ketika turun dari kendaraan, pengunjung akan disambut dengan akuarium dalam ukuran yang sangat besar dipenuhi berbagai macam ikan air tawar dan sebuah gua unik yang bernama Gua Singa.

Untuk bersantap siang bersama keluarga atau teman-teman dekat, anda bisa singgah di Restoran Selecta yang menyediakan berbagai masakan khas Jawa Timur dan Chinese Food dalam gaya tempo dulu dengan cita rasa yang menggugah dan pelayanan yang ramah. Di restoran ini pula terdapat berbagai gerai jajanan tradisional hingga modern. Restoran Selecta yang cukup luas ini tidak hanya melayani pengunjung umum perorangan tetapi juga untuk rombongan dalam jumlah besar.

Taman Bunga yang Mempesona

Bagi anda yang ingin tinggal lebih lama menikmati udara dingin di kawasan Selecta,  anda bisa menginap di villa-villa yang bertebaran di kawasan ini, atau jika ingin sedikit mengenang romantisme sejarah, anda bisa menginap di Hotel Selecta, di mana para Proklamator negeri ini pernah menginap. Hotel yang dulu tampak kusam ini sekarang telah menjelma menjadi hotel dengan fasilitas modern tanpa meninggalkan nilai sejarah yang pernah tercatat di Hotel Selecta. Dengan fasilitas modern dan 60 kamar serta sebuah hall berkapasitas 600 orang, sangat ideal sebagai tempat pertemuan, diklat maupun acara pesta. Pelayanan prima dalam suasana kekeluargaan merupakan sikap yang dijunjung tinggi oleh Hotel Selecta.

Sebelum pulang, alangkah baiknya jika anda berkunjung ke Pasar Wisata Selecta, sebuah tempat yang cukup ideal untuk berbelanja berbagai ragam tanaman hias, souvenir, makanan ringan khas Kota Batu dan buah-buahan bahkan kelinci ataupun hewan piaraan lainnya yang mungkin akan anda bawa pulang sebagai oleh-oleh bagi keluarga atau sahabat terbaik anda.

Fasilitas :

  • Tiket Masuk Umum Rp 15.000
  • Tiket Masuk Group Rp 12.500
  • Tiket Parkir Bus/ Truk Rp 6.000
  • Tiket Parkir Mobil Rp 5.000
  • Tiket Parkir Sepeda Motor Rp 2.000
  • Mandi Air Panas Rp 5.000
  • Becak Mini Rp 6.000
  • Mobil Baterai Rp 6.000
  • Flying Fox Rp 15.000
  • Motor GP Mini Rp 10.000
  • Kereta Kuda (2 Org) Rp 15.000
  • Kuda Keliling Rp 10.000
  • Perahu Ayun Rp 5000
  • Jasa Play Ground Rp 10.000
  • Sepeda Air (±15 Menit) Rp 15.000
  • Foto Digital (10R) Rp 15.000
  • Penitipan Helm Rp 1.000
  • Penitipan Barang Rp 2.000
  • Petik Apel (menyesuaikan)
  • Selecta Outbound (menyesuaikan)

PERSEWAAN ALAT MANDI

  • Celana Renang Pria Rp 7.000
  • Baju Renang Wanita Rp 7.000
  • Handuk Rp 7.000
  • Ban Renang Rp 5.000

***


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
One Response
  1. kusnul inawati says:

    berapa harga parkir di selecta dan berapa tiket masuk ketika lebaran nanti ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing