Pantai Balekambang

Pantai Bale Kambang

Pesona bahari Malang Raya hanya dimiliki oleh Kabupaten Malang sebab tapal batas wilayahnya di bagian selatan adalah Samudra Hindia. Puluhan pantai yang sudah dikelola maupun belum merupakan kekayaan wisata pantai yang tidak dapat diabaikan. Salah satu pantai yang sudah cukup dikenal yaitu Balekambang.

Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang; jaraknya sekitar 65 kilometer dari Kota Malang. Ada beberapa alternatif rute perjalanan dari Kota Malang menuju ke Kecamatan Bantur dengan kondisi jalan cukup bagus. Selepas Pasar Bantur, ruas jalan menuju Balekambang sepanjang sekitar 13 kilometer bergelombang, di beberapa bagian berlubang. Di kiri kanan jalan pada etape terakhir ini kita temui kebun tebu, kebun jabon, hutan jati, dan perkampungan. Dua setengah kilometer menjelang pantai kita lewati hutan yang cukup lebat.

Pantai Balekambang berpasir putih, membujur dari timur ke barat. Deretan warung, penginapan, pos penjagaan dan jalan beraspal sepanjang 1,3 kilometer sejajar dengan garis pantai berakhir di ujung jembatan beton yang menghubungkan daratan dengan Pulau Wisanggeni. Jembatan ini hampir runtuh terkena abrasi. Di sebelah barat jembatan terdapat hutan mangrove.

Pantai Bale Kambang dilihat dari Pulau Ismoyo

Kiri : Pulau Anoman <> Kanan : Jembatan Penghubung Daratan dengan Pulau Wisanggeni

Selain Pulau Wisanggeni masih ada dua buah pulau lagi di Balekambang, yaitu : Pulau Ismoyo, dan Pulau Anoman. Pulau Anoman jaraknya 500 meter di sebelah barat daya Pulau Wisanggeni, dari daratan dihubungkan dengan jembatan beton sepanjang 104 meter.

Pulau Ismoyo berada di sebelah selatan Pulau Wisanggeni, dihubungkan dengan jembatan sejauh 55 meter dari Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo berdiri Pura Amerta Jati, tempat ibadah umat Hindu. Melihat Pura Amerta Jati ini dari jauh, ingatan kita tertuju pada Pura Tanah Lot. Keindahannya tidak kalah dibanding dengan pura di Pulau Dewata tersebut.

Pepohonan rindang di sepanjang pantai menjadi peneduh bagi para pengunjung yang ingin sekadar bersantai menatap deburan ombak. Karena ombak di sini cukup besar, di beberapa tempat dipasang papan peringatan dilarang mandi di laut. Di bibir pantai juga dipasang deretan bendera merah sebagai tanda bahaya. Pengunjung yang ingin bermain air dilarang melampaui bendera itu.

Lokasi  :
Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Buka :
setiap hari

Tarif masuk :
Pengunjung Rp 7.000,00 per orang
Mobil/ Taxi Rp 2.000,00
Sepeda Motor Rp 1.000,00

Fasilitas :
* Warung sederhana dengan tarif makanan ± Rp 5.000,00
* Rumah penginapan sederhana dengan kapasitas 6 kamar & 5 kamar
* Kios penjual cendera mata

Fasilitas rumah penginapan & warung

Tips :
* Ombak cukup besar, patuhi peringatan tanda bahaya.
* Pura Amerta Jati merupakan tempat ibadah saudara-saudara kita yang beragama Hindu. Hendaknya kita toleran dengan menjaga tata krama dan kesopanan di tempat ini.

Rute menuju ke Balekambang :
Beberapa alternatif dari Kota Malang : ± 65 kilometer

* Lewat jalan antar kota Malang-Kepanjen (Sukun – Klayatan  – Kacuk) – Kecamatan Pakisaji – Kecamatan Kepanjen – Kecamatan Gondanglegi – Kecamatan Pagelaran – Kecamatan Bantur – Desa Srigonco – Balekambang

* Lewat jalan antar kota Malang-Bululawang (Gadang – Kendalpayak)
– Kecamatan Bululawang – Kecamatan Gondanglegi – Kecamatan Pagelaran – Kecamatan Bantur – Desa Srigonco – Balekambang

***


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
4 Responses
  1. angga says:

    minya tlf penginapan bale kambang ada

    • Pesonamalangraya says:

      Ada sebuah penginapan sederhana di Balekambang, tapi untuk detailnya mohon maaf, kami tidak bisa memberikan informasi karena belum melakukan survey lagi.

  2. Chaca says:

    Harga sewa penginapan seharinya berpa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing