Jawa Timur Park 1; Taman Belajar & Rekreasi

Jatim Park 1

“Lebih baik tidak tahu daripada tidak mau tahu.” Itulah bunyi salah satu papan warna-warni di salah satu area di Jawa Timur Park I. Memang harus diakui bahwa begitu banyak hal yang bisa kita dapat setelah kita mencoba memahami satu-persatu informasi tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi di salah satu wahana di Jawa Timur Park I. Oleh karena itu tidak berlebihan kiranya jika pihak manajemen Jawa Timur Park dengan begitu yakin memasang slogan “Taman Belajar dan Rekreasi.”Artinya di samping kita mendapat begitu banyak kesenangan dengan wahana-wahana yang ada, ternyata wawasan kita pun secara tidak sengaja juga bertambah melalui wahana-wahana pendidikan yang disediakan oleh Jawa Timur Park I. Setelah anda membeli tiket masuk seharga Rp 50.000,- petugas akan memberi anda gelang berwarna kuning yang harus anda gunakan selama anda berada di area Jawa Timur Park I karena gelang tersebut merupakan “Tiket” anda untuk mencoba setiap wahana yang ada. Sebuah gong raksasa berwarna kuning keemasan, dan dua patung sapi berwarna kuning keemasan siap menyambut anda begitu anda berada dalam kawasan Jawa Timur Park I.

Gong Terbesar ke-2 di Indonesia

Gong raksasa ini boleh anda pukul sekeras-kerasnya dengan pemukul yang sudah disediakan. Menurut papan petunjuk, gong ini merupakan gong terbesar ke-2 di Indonesia. Bayangkan, anda bisa melihat, memegang, bahkan bisa memukul langsung gong terbesar ke-2 di Nusantara.

Galeri Nusantara

Memasuki area Galeri Nusantara, anda akan diingatkan kembali akan keberagaman suku bangsa yang ada di Nusantara melalui patung-patung orang yang mengenakan pakaian daerah lengkap dengan background rumah adat daerah masing-masing. Mulai dari Suku Jawa sampai dengan suku di Irian Jaya yang hanya mengenakan koteka dan tanpa penutup dada. Semua digambarkan mirip dengan aslinya, anda juga dapat berfoto bersama  patung-patung ini jika anda berminat karena desain patung-patung ini sangat mirip dengan wujud orang sebenarnya. Bahkan di area Etnik Jawa Timuran, anda bisa seolah-olah sedang tinggal bersama dengan penduduk asli jawa dan madura karena ukuran patung dan rumahnya dibuat persis dengan ukuran sebenarnya sehingga anda bisa duduk bersila bersama dengan patung-patung tersebut.

Etnik Jawa Timuran

Setelah kita disegarkan akan keberagaman suku bangsa, kita diarahkan ke area ilmu pengetahuan dan teknologi. Di sini kita bisa belajar mulai dari ilmu sejarah, biologi, obat-obatan, anatomi tubuh, sampai ke ilmu fisika dan kimia lengkap dengan alat peraganya. Kita bisa bermain-main dengan semua alat peraga yang disediakan dan jika kita tidak mengerti, petugas yang berada di situ siap menjelaskan pada anda.

Wahana Ilmu Pengetahuan

Sebagian Alat Peraga

Setelah pikiran kita disibukkan dan mungkin dibuat pusing dengan semua ilmu pengetahuan itu, maka sampailah anda di area hiburan dan rekreasi. Sepeda air siap menyambut anda, dan juga gemuruh suara dari area Game Zone dan aneka rupa permainan siap menantang ketangkasan anda.

Game Zone

Keluar dari area Game Zone maka mulailah samar-samar terdengar suara anak-anak kecil dan bunyi kecipak air dari kolam renang yang ditata sangat rapi dengan background maskot Jawa Timur Park, yaitu patung raksasa Ken Arok yang sedang memegang sebilah keris di tangan kirinya.

Kolam Renang

Suasana segar dan ceria segera menghampiri anda begitu anda berada di kawasan kolam renang lengkap dengan perlengkapan untuk permainan, papan luncur, terowongan-terowongan, dan sarana-sarana lain yang berhubungan dengan air. Biarkan anak anda menghabiskan waktu sepuas-puasnya di kolam renang ini, atau jika anda sendiri berminat untuk ikut berenang, anda bisa memilih di kolam renang khusus untuk orang dewasa.

Wahana-wahana "Uji Nyali"

Di samping area kolam renang yang merupakan tujuan utama, sejumlah wahana lain sudah siap menantang nyali anda, seperti: Rumah Hantu, Rumah 3 Dimensi, Spinning Coaster, Tornado, Taman Sesat, Gokart, Rumah Pipa, Cinema 3D dan masih banyak lagi.

Taman Burung

Setelah nyali anda diaduk-aduk, sebagai pelepas lelah anda  bisa menghabiskan waktu dengan memasuki Wahana Taman Burung dan Reptil, di sini anda bisa berfoto langsung dengan burung-burung yang ada. Ratusan jenis spesies burung dan reptil ada di sini. Atau jika anda lebih tertarik ke dunia ikan, anda bisa langsung menuju ke Taman Ikan.

Secara umum 49 wahana yang terdapat di Jatim Park antara lain:
1. Gong

  • Inilah gong terbesar kedua di Indonesia yang dimiliki oleh Jawa Timur Park.

2. Galeri Etnik

  • Menampilkan ragam budaya yang ada di Indonesia, seperti pakaian adat, rumah adat dan kebudayaan masing-masing daerah. Ada juga catur raksasa terbesar di Indonesia setinggi 160 cm, perkampungan Papua (Irian Jaya) dll. Semua informasi disajikan secara modern dengan teknologi mutakhir.

3. Anjungan Jawa Timur

  • Di sini anda bisa menemukan ciri khas yang menonjol dari setiap daerah yang ada di Jawa Timur, seperti Madura dengan makanan khasnya yaitu Sate kambing, daerah Ponorogo dengan seni Reog Ponorogo, Suku Tengger dsb.

Ilmu Pengetahuan Fisika & Biologi

4. Science Centre Kimia & Biologi

  • Temui “Bar Kimia” di wahana ini. Anda bisa mencoba berbagai macam alat peraga seperti alat peraga detak jantung, percobaan asam basa, atau tentang organ-organ dalam tubuh manusia melalui alat peraga “Amazing Human Body”

5. Taman Fisika

  • Ingin tahu bagaimana bola-bola besi bisa bergerak dari lintasan yg rendah kelintasan yang tinggi tanpa digerakkan listrik? Dengan lintasan yang panjang dan berbelok-belok bola-bola yang terbuat dari besi dapat bergerak ke atas sendiri serta tidak dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Tampilan alat peraga tersebut bernama GRAVITRAM. Atau anda juga bisa berteriak di bawah Kubah Gema sehingga menghasilkan gema 1000 kali.

6. Galeri Belajar

  • Terdapat banyak alat peraga yang menarik yang bisa dicoba. Alat peraga yang ada di Galeri Belajar ini didukung oleh sejumlah instansi terkemuka di Jawa Timur, seperti PLN (Lorong Cahaya), Rimba Raya (Cara Budidaya Tawon), UMM (Bantalan Luncur, Biotek, Cara Budidaya Jamur Kayu, Pembuatan nata de coco), Brawijaya (Efisiensi Katrol), MIN 1 (Menampilkan ilmu matematika dengan bujur sangkar ajaibnya).

7. Taman Agro

  • Kita bisa melihat langsung jenis tanaman sayur dan buah, seperti: kangkung, tomat, cabe, daun mint, buah Dewandaru yang berasal dari Amerika Selatan, buah Menteng dari Malaysia, buah Bisbul dari Filipina, dll. Selain itu kita juga bisa belajar bagaimana bercocok tanam.

8. Taman Sejarah

  • Di dalamnya terdapat berbagai macam miniatur Arca dan Candi yang ada di Indonesia, seperti Arca Dewi Sri, Candi dll. Selain itu, juga ada miniatur peradaban agama Islam pada abad XIX M yang digambarkan melalui kehidupan sehari-hari di kediaman Kyai Kasan Besari, Ponorogo dan kediaman Sunan Giri beserta masjidnya.

9. Baby Zoo

  • Jawa Timur Park Juga menyediakan binatang-binatang baby seperti kelinci , Hamzter, monyet dan masih banyak lagi yang lucu dan menggemaskan.

10. Diorama Binatang

  • Terdapat beberapa binatang langka yang sudah diawetkan seperti fosil binatang purba. Pengawetan basah ikan Arapaima Gigas, Giant Moray, serta Insectarium.

11. Taman Ikan

  • Di area seluas 600 meter persegi anda akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis ikan. Terdapat 75 spesies ikan dari berbagai belahan dunia yang terbagi atas 25 jenis air tawar dan 12 jenis air laut, ada pula Arapaima Gigas yang berumur ratusan tahun dengan panjang 1,7 meter. Selain itu saksikan pertunjukan memberi makan ikan Piranha yang dihadirkan setiap hari Minggu dan Rabu.

12. Taman Burung

  • Taman ini memiliki 400 ekor burung yang terdiri dari 103 spesies.

13. Taman Reptil

  • Terdapat 170 ekor reptil yang terdiri dari 182 spesies (dari 170 ekor), yang terdiri dari Golongan ular, Golongan non ular (Buaya, biawak, komodo, kadal, cicak, tokek, kura-kura), satwa eksotik dan satwa lokalnya. Sempatkanlah juga berfoto bersama ular Phiton.

14. Convoy Car

  • Convoy bersama teman-teman pasti seru, apalagi kalau anak-anak mencoba Convoy Car ini

15. Battery Car

  • Sambil belajar rambu-rambu lalulintas, anak usia dibawah 10 tahun bisa mengendarai mobil seperti di jalan raya.

16. Ulat Coaster

17. Sky Chopter

18. Thomas Mini Train

  • Cocok untuk anak-anak yang berumur 2-8 tahun. Mengelilingi barisan rel sepanjang 150 meter, anak-anak akan menjelajahi Indian camp, Jungle Book Adventure, Super Hero City, dan Water fall.

19. Mobil Mini

  • Jawa Timur Park juga menyediakan permainan khusus untuk balita, bagi para orang tua tidak perlu cemas karena permainan ini aman untuk balita anda.

20. Playground

  • Arena Fun House, dengan hiburan seperti Istana Balon, Kursi Goyang, Jembatan Goyang, Mandi Bola dsb.

21. Mary Go Round

22. Kolam Renang Anak

  • Seluncur buaya, dan bermain Trampolin air sepuasnya, tak perlu khawatir, karena kolam anak ini hanya memiliki kedalaman 40 cm dan diawasi oleh pool guard yang siap membantu.

23. Samba Ballon

  • Serasa naik balon udara yang berwarna-warni, khusus utk anak-anak usia di bawah 10 tahun.

24. Flying Tornado

  • Rasakan serunya berayun dan berputar 360 derajat di atas udara dengan ketinggian 13 meter.

25. Spinning Coaster

  • Dengan ketinggian 20 meter. Nikmati indahnya panorama gunung Panderman pada saat wahana ini mencapai titik puncak, dan rasakan pula serunya wahana ini pada saat meluncur ke bawah dengan kecepatan 40 km per jam.

26. Drop Zone

  • Serunya duduk di atas ketinggian 10 meter sambil meluncur lepas ke bawah secara vertikal dengan kecepatan yang menakjubkan.

27. Star Chase

28. Columbus

  • Rasakan berayun 160 derajat dengan kapal raksasa.

29. Jet Coaster

  • Berputar-putar dengan kecepatan 40-50 km/jam di atas punggung naga.

30.Mobil Remote

  • Mengendarai mobil mainan yang dikendalikan dengan remote control di lintasan sirkuit mini khusus untk mobil remote.

31. Wall Climbing

32. Ozzy Trampolin

  • Boleh untuk semua umur

33. Arena Ketangkasan & Games Room

  • Begitu memasuki gerbang Arena ketangkasan, anak-anak akan dikejutkan dengan bentuk dan postur tubuh anda yang berubah setelah bercermin pada Cermin Ajaib. Ada juga arena Lempar Gelang, Basket, dan games uji ketangkasan dengan Shooting Target.

Flumride

34. Flumride

  • Serunya berkeliling dengan menggunakan perahu dayung sambil berpetualang melewati Diorama Binatang, Baby zoo hingga deretan patung Aneka Binatang Mitologi.

35. Boom Boom Laser Car

  • Bom bom car dgn tembakan laser

36. Gokart

37. Motor Cilik

  • Motor ini berkapasitas 50 cc, dilengkapi helm standar dan baju pengaman untuk anak-anak.

38. Rumah Pipa

  • Menyusuri pipa raksasa? Wah gimana rasanya ya? Temukan jawabannya hanya di Jawa Timur Park I. Rasakan serunya permainan air yang mengasyikan, melewati suasana kutub utara, meyeberangi jurang yang penuh dengan buaya dan masih ada lagi kejutan yang lainnya.

39.Taman Sesat

  • Labirin dari tanaman dan anak-anak akan berusaha menemukan jalan keluar dengan petunjuk & teka teki.

40. Arena Bermain Pasir

41.  Bumper Boat

42. Bumper Car

43. Rumah Hantu

44. Rumah Misteri 3D

  • Misteri 3D yang penuh dengan suasana mistik dan menyeramkan.

45. Water Boom

  • Dinikmati oleh remaja dan orang dewasa karena memiliki kedalaman 130 cm. Nikmati juga asyiknya bermain voli dan basket air.

46. Volcano Aphiteather

  • Setelah puas berkeliling di seluruh area Jawa Timur Park I, kini saatnya manjakan diri anda dengan suguhan spektakuler show dengan menampilkan live music, bird show, dan games berhadiah aneka merchandise khas Jawa Timur Park I.

47. Flying Fox

  • Menikmati keindahan area Jawa Timur Park I dari ketinggian 25 meter di puncak Vulkano!

48. Pasar Wisata

  • Hadiahi keluarga anda dengan berbagai produk dari Pasar Wisata Jawa Timur Park I. Berbagai kerajinan tangan, buah, sayur, produk makanan dan hewan peliharaan, bisa anda beli di sini dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

49. Bioskop 3 Dimensi

  • Wahana terbaru di tahun 2010 dengan kapasitas 120 orang, dilengkapi film-film terbaru dan spesial efek yang menakjubkan dan penuh kejutan.

Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Serta fasilitas umum yang tak kalah pentingnya yaitu Mushola, Klinik, Wartel, Nursery Room, Toilet dan Tempat Parkir yang luas.

Jawa Timur Park I terletak di lereng timur Gunung Panderman, dalam area ± 11 hektar dan ketinggian 850 meter di atas permukaan laut, serta didukung hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya yang lebih menghibur dan mengasyikkan, pengunjung dapat merasakan kesejukan, kenyamanan dan keindahan panorama pegunungan yang menjadi background Jawa Timur Park I dan kota Batu. Konsep One Stop Service yang menjadi dasar Jawa Timur Park I dalam melayani pengunjung, siap menyambut kedatangan anda mulai 08.30 – 16.00 WIB setiap harinya.

Pohon Cemara yang Dihias dengan Indahnya

Jawa Timur Park I (JTP) merupakan objek wisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan (Education) dan konsep pariwisata (Tourism) dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi (Biologi/ Kimia / Matematika / Fisika), Stadium Galeri Belajar yang mampu menampung 300 siswa, lembar Panduan Belajar Siswa dan kelengkapan alat peraga ilmu terapan (Indoor & Outdoor) yang di antaranya didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemuka (Negeri maupun Swasta) di Jawa Timur.

Jawa Timur Park I juga dilengkapi dengan Club Bunga Butik Resort & Pondok Penginapan Jawa Timur Park yang akan membuat acara wisata anda terasa nyaman, tenang, menyenangkan dan tidak terburu-buru karena lokasinya yang relatif dekat dengan Jawa Timur Park I.

Fasilitas Pengunjung

  • Tempat Parkir yang memadai seluas ± 1 hektar,
  • Nursery Room
  • Fasilitas jalan bagi pengunjung yang menggunakan kursi roda dan kereta bayi
  • Free untuk peminjaman kursi roda
  • Tempat istirahat untuk bayi dan ibu menyusui yang dilengkapi pula, microwave, dispenser dan tempat ganti popok
  • Toilet di 14 titik lokasi dengan total 60 kamar
  • Outlet makanan & minuman
  • Studio Foto
  • Pasar Wisata
  • Musholla
  • Klinik
  • Wartel

Kententuan Keamanan dan Kenyamanan

  • Tidak diperkenankan membawa senjata tajam, pisau dan sejenisnya ke dalam area
  • Tidak di perbolehkan merokok di area yang terdapat tanda tidak boleh merokok
  • Ketentuan Umum
  • Anak-anak yang memiliki tinggi di atas 85cm dikenakan biaya penuh
  • Tidak diperkenankan membawa (Nasi, Lontong, dan Mie) dari luar area
  • Tidak diperkenankan memasang tiket masuk (gelang) sendiri tanpa sepengetahuan petugas Entrance / pintu masuk.

Ketentuan bagi penggunaan kolam renang

  • Waktu buka pukul 09.00 – 16.30 WIB
  • Wajib menggunakan pakaian renang
  • Tidak diperbolehkan makan dan minum di kolam renang
  • Untuk peraturan lain tertera pada papan peraturan di kolam renang

Beberapa ketentuan lain juga dapat anda temukan di beberapa wahana melalui papan peringatan. Apabila anda mempunyai keraguan akan suatu peraturan pada saat di dalam wahana, anda juga dapat menghubungi petugas yang ada di lokasi.

Show & Events:

  • Volcano Show
  • Bird Park
  • Reptil Show
  • Foto bareng boneka Maskot
  • Games interactive dan Live Music di Amphytheater Vulcano

* Setiap Hari Minggu dan libur nasional

Cafe & Resto Show & Events Shoping

  • Cafe Gokart
  • Cafe Bird Park
  • Cafe Colombus
  • Cafe Pool Side
  • Food Center Ken Arok
  • Restaurant Ken Dedes
  • Kawasan Masakan Tradisional
  • American Fast Food

Shopping:

  • Pasar Wisata 100 stand aneka oleh-oleh dan kerajinan khas Jawa Timur
  • Pasar Buah
  • Pasar Sayur
  • Pasar Hewan
  • Galery dan Supermarket Bunga

Harga Tiket Masuk Jawa Timur Park 1 :

  • Hari Senin s.d. Kamis : Rp 40.000,- /orang
  • Hari Jumat s.d. Minggu / Libur Nasional : Rp 50.000,- /orang
  • Untuk anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 85 cm : tidak dikenakan biaya penuh

Harga Tiket Terusan Paket “Wisata Kaget Jawa Timur Park I dan II” :

  • Hari Senin s.d. Kamis : Rp 60.000,- /orang *
  • Hari Jumat s.d. Minggu / Libur Nasional : Rp 80.000,- /orang **
  • Untuk anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 85 cm : GRATIS

*Tidak berlaku pada hari libur Nasional dan musim libur yang ditentukan manajemen.
**Termasuk hari libur nasional dan musim libur / high season yang ditentukan manajemen.

Harga tiket masuk tidak termasuk wahana di bawah ini :

  • Go Kart : 2x Putaran Rp  25.000,-
  • Go Kart : 1x Putaran Rp 14.000,-
  • Arena Ketangkasan & Adventure Zone : Tergantung Penggunaan
  • Games Room & Video Box : Tergantung Penggunaan
  • Perlengkapan Kolam Renang : Tergantung Penggunaan
  • Flying Box (new): Rp  15.000,-
  • Trampoline (new) per 6 menit : Rp 5.000,-

Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Semua harga tiket di atas dikenakan secara perorangan, harga tiket masuk sudah termasuk akses ke semua wahana terkecuali untuk wahana yang tersebut di atas

Alamat Jawa Timur Park 1:
Jl. Kartika 2
Kota Wisata Batu
Jawa Timur – Indonesia


E-mail:marketing@jawatimurpark.com
Website: www.jawatimurpark.com


Phone:0341-597777
SMS Center 0857.5529.7777
Fax:0341-598888


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
7 Responses
  1. pohon jabon says:

    sangat membantu bos…

  2. Morly says:

    jdi pngen sering2 k sna lho,..

  3. Dikha says:

    Tunggu kedatanganku besok ya …

  4. Nell says:

    Kawan saya rekemen blog nie … katanya artikel walaupun agak simple..

    tapi penuh dengan info.. tahniah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing