Jalan Ijen; Karya Indah Ir. Herman Thomas Karsten

Jalan Ijen Tempo Dulu

Entah apa yang terlintas di benak Ir. Herman Thomas Karsten saat merancang tata kota Malang terutama kawasan Jalan Ijen sekitar tahun 1914. Tata letak jalan ini cukup indah, ada batasan yang jelas antara jalan untuk pejalan kaki dan kendaraan. Di kiri kanan jalan tumbuh dengan suburnya pohon Palem Raja (Roystenea regia) sehingga tampak semakin indah dan menjadi tempat berteduh yang nyaman bagi para pejalan kaki.

Jalan Ijen Tempo Dulu

Di tengah-tengah ada taman yang cukup luas untuk memisahkan dua jalur kendaraan dari arah berlawan. Benar-benar sebuah Boulevard yang sangat ideal. Melintasi jalan Ijen seperti sedang mengulang sebuah sejarah dari zaman Belanda. Rumah-rumah kuno peninggalan zaman Belanda di kiri kanan jalan semakin memperkuat kesan tersebut meskipun sekarang bentuk asli rumah-rumah tersebut sudah banyak berubah mengikuti perkembangan zaman. Di jalan Ijen ini pula berdiri dengan megahnya sebuah katedral yang dibangun sekitar tahun 1936 dengan nama Gereja Santa Maria Bunda Karmel atau masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Gereja Ijen. Gedung bangunan Gereja ini masih utuh dan masih mempertahankan bentuk aslinya. Di jalan Ijen ini pula tiap tahunnya digelar acara “Malang Tempoe Doeloe” dimana dalam acara ini, semua hal yang disajikan harus bernuansa Tempoe Doloe, seperti makanan-makanan zaman dulu, barang-barang seperti radio kuno, gramaphone, mesin ketik, dll. Suasananya juga didesain ala tempo dulu, stan-stan terbuat dari bambu dan gedek, tempat makan beralaskan daun pisang, dan tak ketinggalan juga para penjaga stan juga berpakaian ala tempo dulu seperti kebaya dan sarung. Jika anda berkunjung ke Malang mintalah pemandu wisata anda untuk melintasi Jalan Ijen yang penuh dengan kenangan sejarah atau lebih tepatnya bisa dikatakan cikal bakal kota  Malang ini.

***


Lihat Peta Lebih Besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
One Response
  1. pipidh says:

    hemzz thanks for infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing