Coban Rondo; Gak Cuma Air Terjun!!!

Coban Rondo

Coban Rondo

Gak Cuma air terjun!! Itulah slogan yang ditegaskan saat kita membaca salah satu billboard di perbatasan wilayah Kota Batu dan Pujon. Namun slogan tersebut tidak terlalu berlebihan karena di lokasi Coban Rondo kita bisa menikmati fasilitas-fasilitas lain seperti Naik Gajah, Persewaan Sepeda Gunung, Flying Fox, Tempat Bermain Anak-anak, Sarana Outbound, Bumi Perkemahan, dan juga paket atau program yang dikemas menarik dengan harga yang sangat terjangkau, seperti Paket Education; Paket Fun; dan Paket Adventure. Di dalam area Coban Rondo juga disediakan penginapan bagi anda yang ingin bermalam di Coban Rondo tapi tidak suka berkemah. Untuk masuk ke area Coban Rondo pengunjung dikenakan biaya Rp 8000,oo

Pintu Masuk • Tiket Masuk • Papan Petunjuk

Pintu Masuk • Tiket Masuk • Papan Petunjuk

Kisah dibalik Air Terjun Coban Rondo, bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan Selapan (bahasa jawa), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Namun orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun yang terjadi di perjalanan. Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga punakawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo. Sejak saat itulah coban atau air terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan COBAN RONDO. Konon batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya.

Kota Batu dipandang dari Area Coban Rondo

Kota Batu dipandang dari Area Coban Rondo

Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo terletak di desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari pusat kota Malang. Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, anda akan melewati rimbunan pohon pinus yang tumbuh subur di kanan-kiri jalan. Suara gemerisik daun pinus yang tertiup angin serta aroma khas pohon pinus begitu menyejukkan. Anda juga bisa berhenti sejenak untuk menikmati hamparan landscape kota Batu dari ketinggian.

Pos untuk Memandang Kota Batu & Hutan Pinus

Pos untuk Memandang Kota Batu & Hutan Pinus

Secara geografis kawasan Wana Wisata Coban Rondo berada dibagian barat deretan kaki gunung Kawi. Dengan ketinggian sekitar 1200 m di atas permukaan laut, menjadikan suhu dan cuaca di kawasan ini cenderung dingin dan sejuk sepanjang tahun dengan suhu berkisar antara 17-27 derajat Celcius. Secara administratif kehutanan, kawasan Wana Wisata Coban Rondo terletak di dalam kawasan hutan produksi milik Perhutani di bawah naungan BKPH Pujon-Kesatuan Pemangku Hutan Malang, dengan luas kawasan sekitar 90 hektar.

Air Terjun

Air Terjun

Kawasan Coban Rondo resmi dibuka untuk umum tahun 1987 di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Tahun 2002, Perum Perhutani mendirikan anak perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan obyek wisata alam yaitu PT. Perhutani Alam Wisata (Palawi), sehingga sejak Agustus 2002 pengelolaan Wana Wisata Coban Rondo diserahkan ke anak perusahaannya sampai sekarang ini. Dengan manajemen baru, sejak tahun 2003 Wana Wisata Coban Rondo terus melakukan banyak perubahan baik secara fisik maupun manajemen pengelolaan sehingga bisa menjadi salah satu obyek wisata alam utama di Jawa Timur.

Paket-paket program yang disediakan oleh pengelola Coban Rondo antara lain :

Paket Education

Paket Education

PAKET EDUCATION (Harga Mulai Rp 50.000,oo s.d. Rp 150.000,oo)
1. Petani Sehari5. Detektif Pohon9. Sahabat Desa
2. Mengenal Tanaman Obat6. Berburu Serangga10. Outbound Kids
3. Sahabat Alam7. Sahabat Peternak11. Outbound Pelajar
4. Micro Universe8. Sahabat Petani12. Outbound Training
Paket Fun

Paket Fun

PAKET FUN (Harga Mulai Rp 70.000,oo s.d. Rp 200.000,oo)
1. Family Camp3. Fun Gathering
2. Air Soft Gun / Paint Ball4. Sobo Deso
Paket Adventure

Paket Adventure

PAKET ADVENTURE (Harga Mulai Rp 50.000,oo s.d. Rp 160.000,oo)
1. Wild Adventure3. Wet Trekking5. Rafting
2. Night Trekking4. Jungle Trekking

Kera-kera yang Dibiarkan Hidup Bebas di Area Air Terjun

Kera-kera yang Dibiarkan Hidup Bebas di Area Air Terjun

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Sebagai kawasan wisata yang sudah terkenal, Coban Rondo telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kios-kios makanan, tempat parkir yang luas, toilet umum, musholla, dan toko souvenir. Selain itu masih ada fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan di tempat ini, di antaranya adalah:

Area Perkemahan

Kantor Pengelola Coban Rondo • Area Perkemahan

Bumi Perkemahan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati alam bebas dengan menginap di alam terbuka, disediakan lokasi untuk berkemah bernuansa alam yang asri dengan dikelilingi rindangnya naungan hutan pinus dan eucalyptus. Jika Anda tidak memiliki tenda, Anda dapat menyewa tenda di tempat ini yang berkapasitas 4 orang.

Sarana Penginapan

Sarana Penginapan

Penginapan. Tersedia 15 kamar dengan fasilitas air panas dengan harga yang terjangkau dan dapat juga dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan yang berkapasitas 30 orang. Jika Anda ingin mencari suasana lain, Anda dapat mencari penginapan di daerah Songgoriti ataupun di Kota Batu.

Arena Bermain Anak. Pengunjung yang membawa Anak-anak tidak perlu kuatir karena anak-anak akan dimanjakan dengan adanya fasilitas arena bermain yang cukup luas dan menyenangkan. Selain itu, ada juga lokasi bermain di sungai dekat air terjun dengan kondisi air yang jernih, dangkal, dan aman bagi anak-anak.

Area Permainan Anak-anak

Area Permainan Anak-anak • Kebun Binatang Mini

Outbound Management Training. Outbound Management Training merupakan salah satu fasilitas yang dibuat oleh PT PALAWI di Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo yang digunakan sebagai fasilitas pelatihan manajemen di alam terbuka. PT PALAWI menyediakan berbagai fasilitas berupa: Plat Form, High Rope Corse, Tracking Line Flying Camp, dan Climbing Wall.

Atraksi Gajah. Sejak tahun 1996 pengelola telah mendatangkan 3 ekor gajah Sumatra yang cukup terlatih untuk menghibur para pengunjung yang berkunjung di Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo.

Sepeda Gunung • Fasilitas Naik Kuda • Flying Fox

Sepeda Gunung • Fasilitas Naik Kuda • Flying Fox

Lintas Sepeda Gunung. Di kawasan ini telah disediakan lintasan sepeda gunung. Bagi Anda yang suka bersepeda, Anda dapat mencoba rute yang menantang dengan melewati kawasan hutan pinus dan eucalyptus, menyusuri lereng-lereng dengan kondisi lintasan yang naik turun. Hal ini akan menjadikan kegiatan bersepeda gunung anda menjadi lebih berkesan.

Bunga & Tanaman untuk Obat-obatan

Bunga & Tanaman untuk Obat-obatan

Koleksi Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Berbagai koleksi tanaman obat dapat Anda amati di Taman Obat Keluarga yang terletak tidak jauh dari lokasi Taman Arena Bermain Anak. Sejumlah 200 jenis tanaman obat-obatan tradisional dapat menjadi tambahan wawasan bagi para pengunjung.

Persemaian Tanaman Hutan. Pengelola Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo bekerja sama dengan PERHUTANI membuat lokasi persemaian tanaman hutan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang berbagai jenis tanaman hutan.

Kebun Binatang Mini

Kebun Binatang Mini

Kebun Binatang Mini. Di sekitar lokasi Arena Gajah dapat pula disaksikan berbagai macam satwa langka yang dilindungi, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Toko untuk Souvenir dan Oleh-oleh

Toko untuk Souvenir dan Oleh-oleh

Untuk memberi oleh-oleh bagi orang-orang kesayangan anda, beberapa toko souvenir yang menjual aneka barang seperti kaos, syal, pernik-pernik, bisa anda kunjungi.

Jagung Bakar Siap Saji

Jagung Bakar Siap Saji

Dan sebelum anda beranjak pulang, jangan lupa singgah sebentar di warung-warung yang menyajikan jagung bakar yang panas dan mengundang selera.


Lihat Peta Pesona Malang Raya di peta yang lebih besar

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. dhenmas bagong says:

    Coban rondo sudah jadi obyek wisata yg sangat indah,dengan fasilitas yg cukup bagus. semoga keasrian alami tetap dipertahankan.

  2. youd_bh3ck says:

    Siapa yang tidak tertarik akan keindahan pesona wisata malang? :)
    Coban rondo adalah salah satunya yg aku suka. Nice Post! :) )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam Protection by WP-SpamFree