Cangar; Pemandian Air Panas, Taman Wisata, Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Taman Wisata Cangar

Pemandian air panas alami yang disebut dengan “Cangar” ini, terletak sekitar 18 km dari pusat Kota Batu. Hutan yang hijau, air panas alami, dan udara pegunungan yang sejuk siap menyambut siapa saja yang singgah ke tempat ini. Perjalanan ke lokasi wisata inipun merupakan sebuah perjalanan yang menyenangkan, karena meskipun harus melewati jalan sejauh 10 km dari Junggo yang berkelok-kelok dan agak sempit, keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan akan membuat anda tidak merasakan jauhnya jarak yang harus ditempuh.

Kolam Renang Air Panas Alami

Sumber mata air panas yang berasal dari Gunung Welirang ini bersuhu sekitar 30 sampai dengan 40 derajat celcius. Aroma belerang juga masih tercium meskipun tidak begitu pekat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air belerang ini sangat baik untuk menyembuhkan aneka macam penyakit kulit. Dulu air panas ini ditampung dalam sebuah kolam yang dipagari seadanya karena tempat ini belum begitu terkenal, namun sekarang, tiga kolam renang besar siap menanti anda yang ingin berendam sambil bermain-main dengan air hangat. Ruang untuk berganti pakaian juga sudah tersedia meskipun jumlahnya tidak banyak.

Beberapa warung yang menjual bakso dan makanan lainnya juga mudah ditemukan sehingga anda tidak usah takut akan kelaparan. Tetapi yang harus anda coba adalah makanan tradisional yang sudah ada sejak dari dulu waktu Cangar masih sangat sepi, yaitu Tape Ketan.

Tape Ketan

Biasanya penjual Tape Ketan ini membawa dua buah keranjang besar yang dipikul, dan tidak permanen layaknya sebuah warung. Mereka berada di sekitar area kolam renang dan taman. Rasanya manis bercampur asam, namun mampu menghangatkan perut.

Goa Jepang

Di Cangar juga terdapat beberapa Goa peninggalan Jepang sekitar tahun 1942-1945, atau masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Goa Jepang. Anda harus sedikit menguras tenaga untuk bisa sampai di lokasi Goa Jepang ini karena jalan menuju ke Goa naik dan berbatu.

Asparagus

Dengan ketinggian di atas 1000 meter dari permukaan laut, Cangar juga merupakan salah satu daerah penghasil sayur-sayuran dan buah apel. Sayuran yang paling terkenal dari daerah Cangar adalah Asparagus (Asparagus officinalis). Asparagus selain digunakan sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap, juga berkhasiat untuk memperbaiki kinerja ginjal karena sifat diuretik-nya.

Menurut Organisasi pelindung satwa “ProFauna Indonesia”, di Cangar terdapat kurang lebih 80 ekor “Lutung Jawa” (Trachypithecus auratus) yang masih menghuni kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, tepatnya di dalam hutan Cangar yang masuk dalam wilayah Kota Batu.

Jembatan dari Cangar Menuju ke Pacet, Kab.Mojokerto.

Lokasi Cangar dikelilingi oleh pepohonan lebat yang masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Cangar juga merupakan jalan tembus menuju Kabupaten/ Kota Mojokerto melalui Pacet. Udara yang sejuk dan lokasi yang masih alami ini sangat mendukung bagi anda yang gemar berkemah. Di lokasi perkemahan yang sudah disediakan oleh pengelola Cangar ini, anda bisa berkemah dengan bebas, namun, jangan lupa membawa baju hangat atau selimut karena pada waktu malam udara sangat dingin.

FASILITAS

  • Wisata Alam
  • Bumi Perkemahan
  • Kolam Air panas
  • Hutan penelitian
  • Pendopo


View Peta Pesona Malang Raya in a larger map

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
One Response
  1. irawan setyoadi says:

    WILAYAH KOTA BATU SUNGGUH MEMPESONA……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam Protection by WP-SpamFree