Bumi Perkemahan “Bedengan”

Bedengan

Bumi perkemahan yang disebut dengan “Bedengan” ini sangat cocok bagi anda yang gemar mengisi waktu luang di alam terbuka. Tempat ini belum banyak mengalami sentuhan pembangunan sehingga masih terkesan alami. Area perkemahan yang terletak di bawah pohon-pohon pinus yang lebat menjadikan perkemahan ini begitu hijau dan sejuk. Di tepi area perkemahan juga terdapat aliran sungai dengan air yang sangat jernih, menurut penduduk setempat aliran sungai ini berasal dari air terjun yang disebut dengan “Brues.” Air terjun inipun lokasinya sangat terpencil dan belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Bumi Perkemahan Bedengan berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Lokasinya yang berada di sebelah barat kota Malang, lebih kurang 25 kilometer dari pusat kota, menjadikan tempat ini kurang dikenal oleh masyarakat Kota Malang. Di samping lokasinya yang cukup jauh, publikasinya juga masih sangat kurang. Padahal, jika dikelola dengan baik, mungkin tempat ini bisa dimaksimalkan untuk menambah pendapatan bagi pemerintah kabupaten.

Suasana Bumi Perkemahan Bedengan

Untuk menuju ke lokasi, diperlukan waktu kurang lebih 40 menit dari pusat kota. Dari Desa Selorejo, jalan menuju bumi perkemahan masih berjarak sekitar 3 kilometer. Setelah melewati jalan beraspal yang tidak terlalu mulus, jalan selanjutnya menuju lokasi adalah jalan makadam dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Jalan ini hanya mungkin dilalui dengan sepeda motor karena kondisinya yang sempit dan berbatu. Panjang jalan makadam ini kurang lebih 1,5 km.

Pos Pelaporan Kegiatan | Warung | Kamar Mandi & WC

Bumi perkemahan ini dikelola oleh Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo. Mulai dari pengelolaan lahan parkir, warung, perawatan area perkemahan, sampai petugas jaga malam dilaksanakan oleh penduduk desa setempat. Pada waktu tim pesonamalangraya berkunjung ke lokasi, para petugas ini cukup ramah saat kami ajak untuk ngobrol-ngobrol seputar Bumi Perkemahan “Bedengan.” Dari mereka, kami juga mendapat informasi lokasi dari air terjun “Brues”.

Tim Pesonamalangraya Saat Ngobrol dengan Penduduk Setempat | Lahan Parkir Sepeda Motor

Bagi pengunjung yang ingin bermalam/ berkemah di tempat ini, hanya dikenakan biaya Rp 2500,- per malam. Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola antara lain: kamar mandi, air bersih, parkir sepeda motor yang aman, dan warung yang siap melayani pesanan makanan dari pengunjung. Bumi perkemahan ini cukup ramai pengunjung terutama di hari Sabtu dan Minggu, dan juga di hari-hari libur.

Bedengan Dilihat dari Bukit di Seberang Sungai

Biasanya mereka yang berkemah atau mengadakan acara yang bernuansa alam bebas adalah pelajar dan mahasiswa. sementara bagi masyarakat umum biasanya hanya singgah beberapa jam untuk menikmati udara sejuk atau bermain-main di aliran sungai yang dingin dan jernih.

Sungai dengan Air yang Jernih dari Coban "Brues"

Memang untuk kedepannya, tempat ini harus dikembangkan secara serius agar benar-benar bisa menjadi obyek wisata yang layak bagi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Pembangunan akses jalan masuk, sarana parkir yang perlu diperluas untuk mobil, peningkatan sarana-sarana seperti kamar mandi, air bersih dan mungkin penambahan balai atau pos-pos untuk berteduh saat hujan turun. Namun, tentu saja, penambahan sarana tersebut seyogianya tidak merusak suasana sejuk dan alami seperti yang sudah terbentuk selama ini.

 ***

 Lokasi  :
Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Buka :
setiap hari

Tarif masuk :
Tarif parkir sepeda motor Rp 1000,-
Tarif berkemah Rp 2500,- per orang

Fasilitas :
Tempat parkir sepeda motor
Kamar mandi
Warung sederhana

Rute menuju ke Bedengan :
Dari Kota Malang :

Dieng Plaza – (ke arah barat) Kalisongo – Petungsewu – Pertigaan Gapura Selorejo (pilih arah kiri) -
Dukuh Selokerto – Bedengan

(Transportasi umum dari Kota Malang tidak ada)
Dari Kota Batu :

Batu Night Spectacular (Jl. Raya Oro-Oro Ombo) – Jl. Raya Tlekung – Jl. Raya Junrejo -
Monumen Jun – Sumbersekar – Gadingkulon – Tegalweru (perempatan Tugu Biru pilih arah kanan) –
Pertigaan Gapura Selorejo – Dukuh Selokerto – Bedengan
(Transportasi umum dari Kota Batu tidak ada)

Dari Kecamatan Dau :

Pertigaan Sengkaling – Sumbersekar – Gadingkulon – Tegalweru
(perempatan Tugu Biru pilih arah kanan) – Petungsewu
(perempatan Kantor Desa Tegalweru pilih arah kiri) –
Pertigaan Gapura Selorejo – Dukuh Selokerto – Bedengan
(Transportasi umum dari Kecamatan Dau tidak ada)

***

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP-SpamFree by Pole Position Marketing